Fitriyana, . (2023) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Terhadap Perilaku Siswa Di SD Negeri 4 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI FITRIYANA - 1801011056 - PAI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah apakah ada pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti terhadap perilaku siswa di SD Negeri 4 Metro Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis hubungan pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti terhadap perilaku siswa di SD Negeri 4 Metro Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner (angket) dan Dokumentasi. Kuesioner (angket) ditunjukan kepada siswa untuk mencari data tentang pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dan perilaku siswa, dan dokumentasi bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai sejarah singkat berdirinya sekolah, visi misi dan tujuan, lokasi sekolah, sarana dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawan, dan data jumlah siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Timur.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 89 siswa, dan sampel yang diambil berjumlah 27 siswa. Pengambilan sampel berpedoman kepada pendapat Edi Kusnadi dan teknik sampling yang digunakan yaitu sstratified random sampling. Kemudian analisis data untuk masing-masing variabel bebas dan terikat tergambar oleh nilai Product Moment. Sedangkan pengaruh dua variabel bebas terhadap variabel terikat dapat diketahui dari nilai koefisiennya.
Setelah data dianalisis diketahui bahwa adanya pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti terhadap perilaku siswa di SD Negeri 4 Metro Timur. Dilihat dari hasil pengujian hipotesis mengunakan rumus Chi Kuadrat dengan perolehan Chi Khuadrat (x2 hitung) yaitu 9,97 lebih besar dari harga Chi Kuadrat (x2 tabel) signifikan 5% dengan harga 9,488. Sehingga dalam penelitian ini Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak dengan tingkat hubungan sangat kuat. Adapun dari hasil perhitungan koefisien determinasinya penguasaan materi memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 63,65 % dalam mempengaruhi perilaku siswa di SD Negeri 4 Metro Timur.
Kata kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti, Perilaku siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 01:57 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 01:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8792 |
Actions (login required)
View Item |