Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembelajaran Maharah Al-Qiro’ah Di Pondok Pesantren Darul A`mal Metro Barat Kota Metro Tahun Pelajaran 2022/2023

Husniah, Imroatul (2022) Pembelajaran Maharah Al-Qiro’ah Di Pondok Pesantren Darul A`mal Metro Barat Kota Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI IMRO ATUL HUSNIAH -1801023001 - PBA.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Bahasa arab merupakan bahasa komunikasi dan informasi, Baik berupa lisan maupun tulisan. Mengapa demikian, karena pada zaman dahulu banyak para ilmuwan-ilmuwan menulis berbagai macam buku-buku dengan menggunakan bahasa arab maka dari itu jika ingin menguasai ilmu dari buku-buku tersebut, terlebih dahulu harus mempelajari bahasa arab. Ketrampilan berbahasa (maharoh al-lughoh) keterampilan tersebut ada empat, yaitu keterampilan menyimak ( maharoh al-istima ), keterampilan berbicara ( maharoh al-kalam ), keterampilan membaca ( maharoh al-qiro`ah ), keterampilan menulis ( maharoh al-kitabah ).

Dari keempat keterampilan di atas salah satunya yakni keterampilan membaca (maharoh al-qiroah). Menurut Dalman “ membaca merupakan suatu kegiatan atau proses kognitif yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan. Hal ini berarti membaca merupakn proses berpikir untuk memahami isi teks yang dibaca. Dengan adanya keempat maharoh atau keterampilan tersebut menjadi lantaran untuk mempermudah memahami dan mempelajari bahasa asing terkhusus bahasa arab.

Pembelajaran bahasa Arab terkhususnya pada Maharoh Qiro’ah di Pondok Pesantren Darul A’mal menggunakan metode Bandongan dan Sorogan. Dalam pembelajaran para السانتري diminta untuk mempraktekkan materi yang sedang dipelajari agar bisa mahir dalam membaca kitab-kitab kuning yang di pelajari. Pondok Pesantren Darul A’mal menerapkan metode qiro’ah dengan metode sorogan dan bandongan dalam pembelajara kitab kuning sehingga siswa dapat memahami apa yang mereka baca . serta siswa diharapkan dapat trampil dalam membaca huruf arab, dengan fasih, lancar, benar, megerti dan memahami apa yang dibaca serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran qiro’ah di Pondok Pesatren Darul A’mal ini memiliki keunikan tersendiri yakni bukan hanya membaca teks arab, penerjemahan nya menggunakan bahasa jawa yang mana dilakukan dengan metode bandongan dan sorogan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:11
Last Modified: 18 Dec 2023 02:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8815

Actions (login required)

View Item View Item