Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Pada Kelas As Sabrowi Di Pondok Pesantren Darul A’mal Putri Kota Metro Tahun Pelajaran 2021/2022

Hidayati, Nurul (2022) Analisis Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Pada Kelas As Sabrowi Di Pondok Pesantren Darul A’mal Putri Kota Metro Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Nurul Hidayati - 1801022006 - PBA.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Arab pada Kelas As Sabrowi A di Pondok Pesantren Darul A’mal Putri Kota Metro.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif, tujuannya untuk mendeskripsikan kemampuan membaca teks bahasa arab siswa Kelas As Sabrowi A di Pondok Pesantren Darul A’mal Kota Metro. Subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, guru, wali kelas, dan siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan analisis deksriptif kualitatif. Prosedur analisis data menggunakan model Milles dan Hubberman, Pengolahan data tersebut diantaranya adalah pertama, reduksi data, dalam proses reduksi data peneliti menyederhanakan data yang diperoleh selama penelitian. Kedua, penyajian data, dalam penyajian data peneliti mengorganisasikan dan menyusun hasil reduksi dalam bentuk table. Ketiga, kesimpulan dan verifikasi data, peneliti kemukakan berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di lapangan yang diperkuat dengan hasil wawancara.

Hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan tes yang dilakukan dengan 4 penilaian yaitu berdasarkan ketepatan harokat, irama, kelancaran, dan sesuai kaidah nahwu. Dengan jumlah 30 siswa pada Kelas As Sabrowi A yang diteliti menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca teks arab melalui 4 penilaian di atas, terdapat 8 siswa yang dianggap sudah baik dan sudah lancar ketika membaca teks arab yang tidak berharakat. 8 siswa tersebut memenuhi 4 penilaian di atas jadi sudah dikatakan mampu membaca teks arab dengan baik. Sementara 12 siswa berkategori cukup baik, hanya kurang pada ketetapan nahwu sharaf yang benar, sehingga belum begitu lancar ketika membaca. Untuk 10 siswa lainnya berkategori kurang baik, para siswa mengaku sulit untuk lancar membaca teks arab karena mereka belum terbiasa dan butuh waktu belajar berulang-ulang. Namun dalam kategori ketepatan harakat dan irama para siswa sudah sangat baik ketika membaca teks arab.

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan Faktor yang melatarbelakangi berbeda-beda seperti masalah pengalaman, lingkungan sebelum di pondok, motivasi, dan guru. Untuk mengatasi hal tersebut siswa harus belajar lebih giat lagi, seperti mengisi jam istirahat untuk latihan membaca dan metode guru dalam memberikan materi lebih bervariasi lagi.

Kata kunci : Kemampuan Membaca, Teks Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:58
Last Modified: 18 Dec 2023 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8820

Actions (login required)

View Item View Item