Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kemampuan Pengucapan Bunyi Bahasa Arab Dalam Maharah Kalam (Survei Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sendangagung Tahun Pelajaran 2021/2022)

Agustin, Arni (2022) Kemampuan Pengucapan Bunyi Bahasa Arab Dalam Maharah Kalam (Survei Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sendangagung Tahun Pelajaran 2021/2022). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Arni Agustin - 1601020025 - PBA.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam mengucapkan bunyi bahasa Arab pada maharah kalam di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sendangagung tahun ajaran 2021/2022. Oleh karena itu, peneliti melakukan survey di SMP Muhammadiyah 1 Sendangagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat keampuan siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam mengucapkan bunyi bahasa Arab pada maharah kalam di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sendangagung 2021/2022.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatf dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sendangagung. Penelitian ini menggunakan metode random sampling dengan mengambil sampel sebanyak 31 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu berupa tes, observasi dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan mengucapkan bunyi bahasa Arab siswa dalam maharah kalam pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sendangagung adalah sebanyak 1 siswa (3,3 %) pada kategori sanngat kurang, 3 siswa (9,7%) pada kategori kurang, 7 siswa (22,6%) pada kategori cukup, 14 siswa (45,2%) pada kategori baik, dan 6 siswa (19,2%) pada kategori sangat baik. Kemampuan peserta didik dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal yaitu sebagian siswa memiliki rasa suka dan kesadaran akan pentingnya mempelajari bahasa Arab. Kemudian sebagian siswa memiliki keinginan untuk bisa berbahasa Arab. Adapun faktor eksternal yaitu pembelajaran tambahan diluar kelas seperti belajar tahsin dan tahfidz atau membaca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:46
Last Modified: 18 Dec 2023 01:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8836

Actions (login required)

View Item View Item