Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Strategi Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa PAI Di SMA N 1 Rumbia

Ulhaq, Ridiyat Nida (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa PAI Di SMA N 1 Rumbia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RIDIYAT NIDA ULHAQ - 1701010074 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang pada penelitian ini adalah pada mata pelajaran PAI terdapat hasil belajar dan kedisiplinan siswa yang kurang dalam mengerjakan tugas hal ini disampaikan oleh narasumber Bapak SY sebagai guru mata pelajaran PAI.Berdasarkan hal tersebut identifikasi masalah pada penelitian ini yaitu hasil belajar siswa rendah dan kurangnya kedisiplinan peserta didik. Berdasarkan identifikasi masalah tersebut maka batasan masalah pada penelitian ini yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI tergolong rendah, bedasarkan hal tersebut maka dapat dirumuskan masalah yaitu apakah ada pengaruh strategi pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa PAI di SMA N 1 Rumbia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dan mengambil lokasi di SMA N 1 Rumbia, Kec. Rumbia, Kab. Lampung Tengah, Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Product momen. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: Hasil penarikan angket tentang strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran PAI bahwa 28 responden yang menjadi subjek penelitian. Selanjutnya yaitu menafsirkan besarnya koefisien korelasi dengan menggunakan rumus uji t, adapun harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 7,44. Bedasarkan harga tersebut bahwa thitung lebih besar dari ttabel 7,44 2,051 (thitung ttabel), sehingga dapat diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima.

Berdasarkan tabel intepretasi dapat diketahui bahwa nilai rxy sebesar 0,8251 berada di antara nilai interval koefisien 0,80 sampai dengan 1,000 dan tingkat hubungan variabel x (strategi pembelajaran langsung) dan y (hasil belajar Pendidikan Agama Islam) yaitu tergolong sangat kuat. Hasil perhitungan koefesien determinasi, variasi mengajar guru mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 68% dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rumbia. Selain itu, untuk 32% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor internal maupun eksternal pada diri siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diketahui bahwa ada pengaruh antara variabel X (strategi pembelajaran langsung) terhadap variabel Y (hasil belajar Pendidikan Agama Islam). Hasil angket (kuesioner) yang telah diberikan kepada responden, dapat diketahui bahwa terdapat hal positif pada strategi pembelajaran langsung. Strategi pembelajaran langsung (variabel X) merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (variabel Y).

Kata kunci: Strategi Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:22
Last Modified: 12 Dec 2023 08:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8867

Actions (login required)

View Item View Item