Adelia, Tika (2022) Evaluasi Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V SD Negeri 1 Kibang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI TIKA ADELIA - 1801051056 - PGMI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana evaluasi hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dijenjang kelas V tingkat sekolah dasar, yang berlokasi di desa Kibang, kecamatan Metro Kibang, Lampung Timur. Penelitian ini berbentuk kepustakaan deskriptif kualitatif, dengan sumber data Primer (Langsung/Lapangan) dan sumber data skunder (Dokumen). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini digunakan untuk menganalisis evaluasi hasil belajar pada pembelajaran tematik di SDN 1 Kibang. Penelitian ini bersifat deskriptif karena penelitian ini hanya menggambarkan suatu objek untuk menarik kesimpulan yang bersifat umum.
Teknik pengumpulan data yang akan digunakan peneliti dalam penelitian ini antara lain menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah dilksanakan, diperoleh hasil penelitian bahwasannya, Evaluasi Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik dii Kelas lima Sekolah Dasar Negeri 1 Kibang, telah dilaksanakan oleh guru, tahapan perencanaan evaluasi pembelajaran tematik yang ada di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sudah sesuai dengan Standar Kompetensi juga disesuaikan dengan Kompetensi Dasar yang ada di silabus. Guru membuat tujuan pembelajaran berdasarkan standar kompetensi, menentukan waktu dalam merencanakan evaluasi, dan disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan berdasarkan prinsip evaluasi.
Selanjutnya dalam proses Pelaksanaan evaluasi pembelajaran tematik sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur kelas lima, yang selanjutnya menggabungkan materi dengan tema, model serta metode pembelajaran. Evaluasi pembelajaran tematik secara praktik dilakukan terhadap peserta didik untuk dengan mengetahui kemampuan individu serta aktivitas di kelas. Dalam hal menilai peserta didik secara lisan maupun tertulis dengan maksud untuk mengetahui secara garis besar penguasaan materi yang diajarkan. Sehingga dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan, Evaluasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Tematik Di Kelas lima Sekolah Dasar Negeri 1 Kibang, telah dilaksanakan oleh guru sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 Sebagaimana aturan yang berlaku.
Kata Kunci: Evaluasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:23 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:23 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8870 |
Actions (login required)
View Item |