Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Islam Purbolinggo Lampung Timur

Lestari, Refika Dwi (2023) Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Islam Purbolinggo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
REFIKA DWI LEATARI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Hasil survei yang dilakukan oleh peneliti hasil ulangan harian mata pelajaran pendidikan agama Islam tahun pelajaran 2022/2023 masih banyak siswa kelas VIII yang hasil belajarnya tidak memenuhi KKM karena proses pembelajaran yang masih menggunakan metode dan media sederhana atau konvensional. Dari permasalahan tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah ―berapa tingkat persentase penggunaan media digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VIII A di SMP Islam Purbolinggo Lampung Timur?‖.

Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan media pembelajaran digital pada sub pokok materi ‖ Ibadah Puasa Membentuk Pribadi Yang Bertakwa‖. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus, tahap penelitian tindakan kelas adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VIII A di SMP Islam Purbolinggo Lampung Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes,observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan serta pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran digital dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VIII A SMP Islam Purbolinggo Lampung Timur. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada siklus I sampai siklus II sebagai berikut, Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I pertemuan 1 sebesar 53% dan pertemuan 2 sebesar 59%, sedangkan pada siklus II pertemuan 3 sebesar 63% dan pertemuan 4 sebesar 75%. Hasil belajar siswa diperoleh rata-rata hasil belajar pada siklus I pretest sebesar 58,04, dan postes sebesar 65,21. Selanjutnya pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada pretest sebesar 66,30, dan posttest sebesar 80,86. Sedangkan tingkat ketuntasan pada siklus I pretest sebesar 34,78% dan posttest 60,86%, pada siklus II pretest sebesar 56,52% dan posttest sebesar 78,26%. Jadi tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 17,5%.
Kata Kunci : Media Digital,Kualitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:17
Last Modified: 12 Dec 2023 08:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8877

Actions (login required)

View Item View Item