Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Untuk Menggunakan Fasilitas Mobile Banking (Studi Kasus Kampung Banjar Agung Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan)

Anggelina, Nita (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Untuk Menggunakan Fasilitas Mobile Banking (Studi Kasus Kampung Banjar Agung Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Nita Anggelina -1804100070 - PBS.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Di era informasi saat ini, perkembangan teknologi sangatlah berpengaruh dalam perkembangan aktivitas, baik ekonomi maupun sosial. Teknologi informasi sendiri memiliki dampak yang tidak hanya dirasakan oleh sebagian orang, namun hampir semua tingkatan masyarakat. Karena selain membuat pekerjaan lebih mudah, teknologi juga menjadi penyedia segala macam informasi. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang saat ini menjadi perhatian adalah mobile banking (M-Banking). Mobile banking atau biasa disebut m-Banking adalah suatu layanan perbankan yang diberikan oleh pihak bank untuk mendukung kelancaran dan kemudahan kegiatan perbankan. Namun minat masyarakat untuk menggunakan fasilitas mobile banking terbilang masih rendah. Hal ini karena terdapat anggapan bahwa penggunaan layanan tersebut terlihat lebih rumit terlebih bagi masyarakat yang tidak memiliki smartphone serta masih banyak masyarakat yang lebih menyukai transaksi secara manual dengan datang langsung ke bank untuk mengantri atau menggunakan layanan ATM.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yaitu masyarakat di Kampung Banjar Agung Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan, sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan tersebut diantaranya buku perbankan, dokumetasi Kampung Banjar Agung Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan, jurnal dan internet.

Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan layanan mobile banking dibagi menjadi dua yaitu, faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari keluarga, sikap dan keyakinan, motivasi, gaya hidup, serta agama. Faktor tersebut mendorong seseorang untuk mengunakan mobile banking yang bersumber dari keinginan sendiri ataupun hal-hal yang lingkupnya bersifat pribadi. Sedangkan faktor eksternal yang terdiri dari pelayanan, promosi, reputasi bank serta lokasi yang merupakan akses layanan dan kualitas yang di berikan pihak bank untuk mendukung minat seseorang menggunakan layanan mobile banking.

Kata Kunci: Pengaruh Minat, Minat Masyarakat, dan Fasilitas Mobile Banking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:33
Last Modified: 18 Dec 2023 01:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8888

Actions (login required)

View Item View Item