Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pemanfaatan Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha (UMKM Awan Food And Drink di Desa Siraman Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur)

Safitri, Annisa Yuliana (2023) Pemanfaatan Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha (UMKM Awan Food And Drink di Desa Siraman Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Annisa Yuliana Safitri.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Digital Marketing adalah kegiatan promosi melalui media digital secara online, perkembangan teknologi digital pada saat ini digunakan para pelaku usaha seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya secara online. Pemanfaatan Digital Marketing sebagai media
pemasaran online mampu meningkatkan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), penggunaan media promosi pada UMKM Awan Food And Drink adalah Whatsapp dan Facebook.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan digital marketing terhadap pendapatan UMKM Awan food And Drink. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian field research (penelitian lapangan), dimana peneliti menuju langsung kelapangan untuk mengkaji keadaan dan fenomena yang terjadi ditempat penelitian. Pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, sumber data primer yang digunakan adalah Purposive sampling dan accidential sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam penelitian ini dilakukan dengan pemilik UMKM, karyawan UMKM, Informan Whatsapp, Informan Facebook dan Informan yang datang langsung ke lokasi UMKM. Data penelitian ini pada tahun 2018-2019.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam skripsi ini pemanfaatan digital marketing yang dilakukan yaitu Informasi produk dan layanan yang transparan, kemudahan Update informasi produk, dan Analisis Komperatif. Pada Teknik pemanfaatan Digital Marketing UMKM Awan Food And Drink yaitu Advertising, Direc Marketing, Personal Selling, dan sales promotion. Dari hasil Pemanfaatan Digital Marketing tersebut berdampak bagi pendapatan UMKM Awan Food And Drink, sebelum menggunakan digital marketing pada tahun 2018-2020 jumlah rata-rata Rp. 11.149.000 dan sesudah menggunakan digital marketing pada tahun 2021-2023 jumlah rata-rata nya Rp. 30.333.000, jika dihitung presentase nya pendapatan UMKM Awan Food And Drink sebelum dan sesudah menggunakan Digital Marketing meningkat hingga 63,3% dalam hal ini berdampak bagi pendapatan UMKM Awan Food And Drink.
Kata kunci : Digital Marketing, Whatsapp, Facebook, UMKM, pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:37
Last Modified: 18 Dec 2023 01:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8903

Actions (login required)

View Item View Item