Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kooperatif Learning Model Susun Kata terhadap Maharah Kitabah pada Peserta Didik Kelas VII MTS Riyadlatul Ulum Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022

Asdiqo, Rifqotul (2022) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kooperatif Learning Model Susun Kata terhadap Maharah Kitabah pada Peserta Didik Kelas VII MTS Riyadlatul Ulum Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RIFQOTUL SKRIPSI FIX 1(1) - Rifqotul asdiko.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kooperatif Learning Model Susun Kata Terhadap Maharah KitabahPada Peserta Didik Kelas VII MTs Riyadlatul Ulum Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian ini adalah penelitian
eksprimen yang dibagi dalam dua kelompok. Pertama kelompok eksprimen yang diajar dengan Pendekatan Kooperatif Learning Model Susun Kata dan kelompok control yang diajar dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini akan dilaksanakan di MTs Riyadlatul Ulum Lampung Timur. Penelitian ini telah berlangsung dari tanggal 22 November 2022 sampai dengan 6 Desember 2022 TP 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah sampel populasi artinya adalah semua jumlah populasi menjadi sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 55 siswa. Jumlah ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelompok control berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan analisis statistic uji t. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus uji-t (t-tes) dengan dua kelompok sampel. Sebelum dilakukan uji-t dilakukan perhitungan standar deviasi gabungan dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai t hitung sebesar 0,85 :ᵗhit 0.85 >ᵗtab 1.67 , Pada tarap signifikasi α = 0.05% dan derajat kebebasan n1+n2-2= 53 dari distribusi t dengan interpolasi t-hit >t-tab maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Perhitungan ini berarti: Terdapat pengaruh signifikan penerapan pendekatan kooperatif learning model susun kata terhadap maharah kitabah pada siswa kelas VII MTs Riyadlatul Ulum TP. 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:35
Last Modified: 20 Dec 2023 04:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8939

Actions (login required)

View Item View Item