Putri, Dea Cahyani (2023) Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD N 1 Sribasuki. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Skripsi_Dea Cahyani Putri_1901031019 (1) - Dea Cahyani Putri.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dari hasil penelitian pra- survey yang didapat yaitu kurangnya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran sebagai sarana dalam menjelaskan materi pada pelajaran Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” Subtema 2 “Keunikan Daerah Tempat Tinggalku” yang menyebabkan siswa dominan tidak aktif saat pembelajaran berlangsung sehingga materi yang diajarkan sulit dimengerti oleh siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada pelajaran Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” Subtema 2 “Keunikan Daerah Tempat Tinggalku” kelas IV di SDN 1 Sribasuki. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Dimana guru sebagai pelaksanaan dan peneliti sebagai observer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu Data tes hasil dari proses belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran dianalisis dengan cara membandingkan skor tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aktivitas dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama dua siklus sudah menunjukkan adanya peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) aktivitas guru pada siklus I rata- rata yaitu 81,81 % dan meningkat pada siklus II yaitu 92,41% . (2) aktivitas peserta didik pada siklus I B.Indonesia memperoleh skor rata- rata 35,93% meningkat pada siklus II yaitu 72,92% , dan Ipa memperoleh skor rata-rata 33,93% meningkat pada siklus II yaitu 69,58%. (3) Hasil belajar pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa, dan memperoleh nilai Persentase ketuntasan yaitu 16,66% dan meningkat pada siklus II jumlah siswa yang tuntas menjadi 10 siswa dengan nilai presentase ketuntasan sebesar 83,33%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunkan media jam sudut untuk mengingkatkan hasil belajar siswa pada materi Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” Subtema 2 “Keunikan Daerah Tempat Tinggalku” sangat baik untuk diterapkan di SDN 1 Sribasuki karena dapat meningkatkan hasil peserta didik.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Demonstrasi, Hasil Belajar, Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:32 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:32 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8944 |
Actions (login required)
View Item |