Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Proses Pembelajaran Bahasa Arab Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Kecamatan Bumi Ratu Nuban MTS Wali Songo Sukajadi Tahun Pelajaran 2021/2022

Rijal, Ahsanul Iman Saiful (2022) Proses Pembelajaran Bahasa Arab Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Kecamatan Bumi Ratu Nuban MTS Wali Songo Sukajadi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AHSANUL IMAN (1) - Ahsanul Iman Saiful Rijal.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini fokus pada Beberapa permasalahan antara lain; 1. mengetahui Metode dan strategi pembelajaran bahasa Arab yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Wali Songo Sukajadi, 2.
Mengetahui Media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Wali Songo Sukajadi. 3. Mengetahui Model lingkungan belajar bahasa Arab di MTs Wali Songo Sukajadi, 4. Tingkat hasil belajar bahasa Arab di MTs Wali
Songo Sukajadi.

Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah jenis pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi dalam penelitian ini mewawancarai ketua kelas, murid-murid dan guru. Teknik Keabsahan data dan Teknik Analisis data. keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability), uji dependabilitas (dependability) dan terakhir uji obyektivitas (confirmability). Sedangkan teknik analisis data Metode analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data kualitatif yakni peneliti menggambarkan apa adanya hal-hal yang ada dan terjadi dan menyajikan data hasil penelitian dalam bentuk uraian kalimat.
Hasil penelitian ini ialah; Metode dan strategi pembelajaran bahasa Arab yang digunakan yaitu metode grammatika terjemah atau lebih dikenal dengan istilah Thariqah al Qawa’id wa Tarjamah dengan berbagai langkah-langkahnya.

Media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab yakni media yang berupa materi pembelajaran (. Media pendukung lainnya yaitu papan tulis, benda-benda yang ada di sekeliling dan buku panduan bahasa Arab. lingkungan belajar di MTs Walisongo sukajadi belum menerapkan komunikasi berbahasa Arab sehingga tingkat hasil belajar anak standar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:14
Last Modified: 09 Jan 2024 03:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8975

Actions (login required)

View Item View Item