Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Santri Di TPA Rumah Quran Al-Izzah Metro

Putriana, Dinda Dwi (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Santri Di TPA Rumah Quran Al-Izzah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Dinda Dwi Putriana - 2001010013 - PAI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Media pembelajaran audio visual merupakan sebuah alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar yang bertujuan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran dengan menampilkan suatu vidio dan suara secara bersamaan. Dalam pembelajaran, media audio visual dapat berperan sebagai penyaji materi pembelajaran. salah satu media audio visual yang marak digunakan dalam proses pembelajaran salah satunya yakni you tube. Youtube merupakan sebuah situs web untuk berbagi video dimana para pengguna dapat membuat, menonton, dan berbagi video secara gratis.

Menghafal al-Quran merupakan proses memasukan ayat-ayat Al-Qur‘an kedalam ingatan sehingga dapat dilisankan/dilafadzkan dengan benar diluar kepala dengan kontinu. Ketika konsisten dalam menghafal Al-Qur‘an maka akan semakin memperbesar tempat untuk menyimpan informasi baru, sehingga akan dapat menambah lebih banyak lagi informasi dan dapat menambah hafalan lebih banyak.

Rumusan masalah dalam penelitian ini ―adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‘an santri kelas Al-Qur‘an di TPA Rumah Qur‘an Al-Izzah Metro?‖. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menghafal al-Qur‘an santri kelas al-Qur‘an di TPA Rumah Qur‘an Al-Izzah Metro Penelitian ini merupakan

penelitian kuantitatif dengan metode angket dan tes sebagai metode pokok, dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Populasi dalam penelitian ini yaitu santri kelas Al-Qur‘an yang berjumlah 33 santri. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh dari jumlah keseluruhan sample yaitu 33 santri kelas Al-Qur‘an. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan persamaan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual youtube terhadap kemampuan menghafalAl-Qur‘an dengan nilai sig. 0,00< 0,05. Apabila nilai sig < 0,05, maka ada pengaruh terhadap kedua variabel. Namun apabila nilai
sig >0,05, maka tidak terdapat pengaruh terhadap kedua variabel.
Kata Kunci: You Tube, Kemampuan Menghafal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:57
Last Modified: 09 Jan 2024 02:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9003

Actions (login required)

View Item View Item