Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Metode Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 9 Metro

Fajriyah, Lailatul (2023) Pengaruh Penerapan Metode Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 9 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LAILATUL FAJRIYAH - 1801012011 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Metode ceramah adalah cara menyampaikan sebuah materi suatu pelajaran dengan cara menuturkannya secara lisan (manual) kepada para siswa atau peserta didik. Motivasi belajar merupakan kondisi atau keadaan yang ada didalam diri seseorang, yang memberikan adanya dorongan untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan atau mewujudkan keinginannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode ceramah terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Metro. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 36 Siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner (angket) dan dokumentasi. Alat pengolahan data menggunakan SPSS versi 24.

Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan metode ceramah berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Metro, hal ini ditujukan dari perhitungan diperoleh nilai signifikansi = 0,041 dengan tingkat signifikan 0,041 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara metode cermah dengan motivasi belajar PAI. Untuk hasil analisis dari pengujian penerapan metode ceramah memperoleh hasil sebesar 0,546. Untuk rtabel pada taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 36 siswa adalah 0,329. Dengan demikian rxy 0,546 > 0,05. Maka Ha dalam penelitian ini diterima atau H0 ditolak hal ini berarti bahwa ada pengaruh penerapan metode ceramah terhadap motivasi belajar PAI.Sedangkan tingkat pengaruh metode ceramah terhadap motivasi belajar PAI dapat dilihat dari hasil penghitungan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, metode ceramah mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 29,81% terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Metro.

Kata kunci: Metode Ceramah, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:48
Last Modified: 22 Jan 2024 02:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9036

Actions (login required)

View Item View Item