Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektivitas penggunaan Media Pembelajaran Rubelmu terhadap Pembelajaran Imla Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan

Azizah, Sausan (2023) Efektivitas penggunaan Media Pembelajaran Rubelmu terhadap Pembelajaran Imla Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS Sausan Azizah - 2071030009 - PBA.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi di era digital ini mempengaruhi cara belajar dan pendekatan dalam proses pembelajaran yang ada di dunia. Yang mana salah satu ciri dari pendekatan pembelajaran abad pengetahuan ini adalah manusia dapat belajar kapan saja dan dimana saja dia berada, atau yang saat ini kita sebut dengan pembelajaran berbasis digital. SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan merupakan salah satu sekolah yang mengadopsi kemajuan teknologi tersebut sebagai digitalisasi media pembelajaran. SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan memiliki LMS yang diberi nama rubelmu untuk menunjang siswa dalam proses pembelajaran.

Tujuan dari Penelitian ini adalah melihat adanya pengaruh positif dan signifikan penggunaan media rubelmu terhadap pelajaran imla yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini merupakan jenis pendekatan yang dituntut untuk banyak menggunakan angka. Mulai dari proses pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut hingga penampilan dari hasilnya. Jenis desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, yang merupakan suatu bentuk dengan ciri utamanya tidak dilakukannya penugasan random, melainkan dengan menggunakan kelas yang sudah ada yang dalam hal ini adalah kelas biasa.

Hasil dari Penelitian ini yaitu adanya perbedaan tingkat penguasaan imla terhadap peserta didik yang diberikan treatmen menggunakan rubelmu dengan peserta didik yang diberikan proses pembelajaran konvensional yaitu pembelajaran secara langsung berupa tatap muka. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Uji signifikansi pretest hasil belajar siswa adalah 0,067 yang berarti lebih besar dari 0,05 (0,067 > 0,05). Hal ini menunjukkan pada kondisi awal kedua kelompok sample memiliki kemampuan yang seimbang, dan (2). Uji signifikansi post test hasil belajar siswa adalah 0,016 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,016 < 0,05). Hal ini berarti pada kondisi akhir kedua kelompok sampel memiliki kemampuan penguasaan imla’ yang berbeda. Penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Rubelmu terhadap penguasaan Imla di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:25
Last Modified: 13 Feb 2024 03:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9058

Actions (login required)

View Item View Item