Khasanah, Ita Nur (2023) Korelasi Respon Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Ita Nur Khasanah - 1901011082 - PAI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Hasil belajar yang maksimal karena usaha yang sungguh-sungguh dalam pembelajaran dari diri siswa maupun guru. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor dari luar siswa. Faktor yang berasal dari dalam diri siswa salah satunya ialah respon siswa. Respon siswa dapat dilihat dari cara siswa dalam memberikan respon dengan bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat, atau sikap yang dapat dilihat dari bahasa tubuh terhadap stimulus yang diberikan oleh guru dalam suatu mata pelajaran di dalam pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada korelasi respon siswa dalam pembelajaran dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Batanghari. Hal ini dilatar belakangi dari siswa ketika dalam pembelajaran respon siswa dalam pembelajaran kurang, siswa kurang fokus saat pembelajaran, minat belajar siswa kurang, pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru kurang, dan siswa tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik mempengaruhi hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpul data dengan angket, metode ini merupakan metode yang penulis gunakan untuk memperoleh data respon siswa. Dokumentasi dalam penelitian ini merupakan metode yang penulis gunakan untuk memperoleh nilai ujian akhir semester untuk data hasil belajar, struktur dan profil sekolah.
Analisis dari korelasi X dengan variabel Y, dan dengan jumlah 126 populasi, diambil 25% dengan teknik simple random sampling. Jadi, sampel yang diambil 32 siswa dari 4 kelas yang masing-masing kelas diambil 8 siswa. Setelah dilakukan analisis data berdasarkan uji korelasi person menghasilkan hasil uji korelasi person dengan nilai 0,777 dengan tingkat korelasi yaitu kuat dalam interval koefisien 0,60 - 0,799 yang menyatakan bahwa hasilnya memiliki korelasi yang positif. Artinya semakin optimal respon siswa yang dilakukan maka semakin optimal hasil belajar yang diperoleh, sebaliknya semakin rendah respon siswa maka semakin rendah hasil belajar
Maka, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol ( ditolak yaitu dapat disimpulkan bahwa ada korelasi respon siswa dalam pembelajaran dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Batanghari.
Kata Kunci: Respon Siswa, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 02:03 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 02:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9087 |
Actions (login required)
View Item |