Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Giriklopomulyo

Cetrina, Gading (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI GADING CETRINA - 2001031014 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pandangan mayoritas siswa bahwa matematika sebagai pelajaran yang sulit dan penguasaan siswa terhadap pelajaran matematika masih rendah. Padahal matematika memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe students teams achievement division (STAD) yang menuntut siswa mampu berdiskusi dan memecahkan masalah atau soal yang diberikan guru secara berkelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe students teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Giriklopomulyo tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 87 siswa. Instrumen yang digunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji paired t-test.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan dengan penerapan model pembelajaran model pembelajaran cooperative learning tipe students teams achievement division (STAD) menghasilkan nilai sesuai dengan kriteria pengujian apabila data tersebut memiliki nilai signifikasi < a = 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari probabilitas (sig) 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe students teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen.

Kata Kunci: STAD, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:53
Last Modified: 15 Feb 2024 01:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9119

Actions (login required)

View Item View Item