Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembentukan Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Qur’an Hadits Kelas V Di MI Al-Qur’an Trimurjo Lampung Tengah

Ahmad, Imam Zuhdi (2024) Pembentukan Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Qur’an Hadits Kelas V Di MI Al-Qur’an Trimurjo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI IMAM ZUHDI AHMAD - 1901032020 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pembentukan karakter merupakan upaya mendidik anak agar dapat mengambil keputusan yang tepat dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Teori yang merujuk pada pembentukan karakter karangan supoto menjelaskan pendidikan karakter digalakkan dan dikembangkan oleh pemerintah sebagai pendidikan yang mengutamakan karakter yang baik. Hal ini karena karakter yang baik berkaitan erat dengan keberhasilan peserta didik dalam belajar di sekolah.

Adapun permasalahan yang dijumpai peneliti, saat pembentukan karakter peserta didik dalam pembelajaran qur’an hadis kelas V di Mi Al-Qur’an adalah sebagian peserta didik kelas V dalam pembelajaran qur’an hadis cenderung bermain dikarenakan peserta didik kelas V ada sebagian yang mukim dipondok dan lebih mengenal karakter guru mata pelajaran qur’an hadis kelas V tetapi ada peserta didik kelas V yang tidak mukim lebih cenderung takut bermain disaat pembelajaran qur’an hadis. Maka dari itu peneliti bertujuan untuk mengetahui tentang pembentukan karakter peserta didik dalam pembelajaran qur’an hadis kelas V di MI Al-Qur’an Trimurjo Lampung Tengah.

Selanjutnya peneliti menggunakan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif, sumber data, teknik pengumpulan data, teknik keabsahan data, serta teknik analisis data. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pembentukan karakter peserta didik dalam pembelajaran qur’an hadis kelas V di MI Al-Qur’an Trimurjo Lampung Tengah dapat dilihat dari tiga proses pembentukan karakter yaitu pemahaman, pembiasaan(penekanan), dan keteladanan. Adapun fakor penghambat dalam proses pembentukan karakter peserta didik adalah peserta didik cenderung lebih suka bermain disaat pembelajaran karena sebagian peserta didik ada yang mukim dipondok dan ada yang tidak mukim dipondok. Kemudian penulis meneliti faktor pendukung dalam proses pembentukan karakter peserta didik kelas V adalah kerja sama yang baik antara orang tua, wali kelas dan jika peserta didik yang mukim kerja sama dengan para ustadz dan ustadzahnya.

Kata Kunci: Faktor Pendukung, Faktor Penghambat, Pembentukan Karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:43
Last Modified: 13 Feb 2024 03:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9155

Actions (login required)

View Item View Item