Rohani, Luzatur (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Luzatur Rohani - 1901011092 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas suatu bangsa. Dalam dunia pendidikan dibutuhkan media sebagai alat menyalur ilmu antara guru dan siswa. Pentingnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi dalam proses pembelajaran akan berpengaruh pada perhatian siswa dalam belajar. Apabila pada saat pembelajaran siswa memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru maka hasil belajar siswa akan baik. Hasil belajar adalah salah satu tolak ukur untuk melihat berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Mendapatkan hasil belajar yang baik, merupakan harapan dari setiap siswa, guru, dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran power point terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung, dengan sampel berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket (quesioner) dan dokumentasi. Angket ini disebar kepada siswa untuk mendapat data tentang penggunaan media pembelajaran power point, jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan 20 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Hal ini ditunjukan dari hasil perolehan uji perbandingan r-hitung dan r tabel. Diketahui bahwa nilai r-hitung sebesar 0,555 sedangkan r-tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,329 artinya r-hitung > r-tabel. Selain itu, dilihat dari hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana media pembelajaran power point mempunyai pengaruh sebesar 30,75% dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung dan sisanya (100% - 30,75% = 69,25% ) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran power point mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung. Maka dapat dikatakan bahwa Ha dalam penelitian ini diterima dan H0 ditolak.
Kata kunci: Media Power Point, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 01:46 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 01:46 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9159 |
Actions (login required)
View Item |