Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Fitriah, Annisatul (2024) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Annisatul Fitriah - 2001061001 - TMTK.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Masalah yang melatar belakangi peneliti untuk mengangkat judul ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dimana kemampuan berpikir kritis matematis adalah kemampuan yang penting dalam pendidikan matematika. Namun realitanya pendidikan matematika yang dipelajari siswa disekolah belum mengungkap realitas dan relasi matematika dengan kehidupan siswa secara baik. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif untuk menangani permasalahan tersebut, salah satunya dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia ke dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quast Eksperimen, dan desain penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Pekalongan kelas VIII dengan jumlah 126 siswa, dan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII/3 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII/4 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang diberikan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) pelaksanaan penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U karena data tidak berdistribusi normal.

Hasil penelitian menujukkan: (1) skor rata-rata pre-test kemampuan berpikir kritis matematis sebelum diterapkan pendekatan PMRI berbasis etnomatematika untuk kelas eksperimen sebesar 26,5, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 21,2, (2) skor rata-rata post-test kemampuan berpikir kritis matematis sesudah diterapkan pendekatan PMRI berbasis etnomatematika untuk kelas eksperimen sebesar 61,07, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 29,13, (3) hasil pengolahan data menggunakan uji Mann Whitney U diperoleh nilai Asymp. Sig , maka ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan PMRI berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Kata Kunci : PMRI, Etnomatematika, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:36
Last Modified: 15 Feb 2024 01:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9204

Actions (login required)

View Item View Item