Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Negeri 1 Sidodadi

Bahari, Ferdy Ilham (2023) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Negeri 1 Sidodadi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FERDY ILHAM BAHARI - 1901011065 - PAI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah dengan bukti memperoleh nilai ujian akhir semester yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Saat dilakukan evaluasi belajar khususnya pada ujian akhir semester hampir 40% siswa yang hasilnya belum masuk dalam kategori tuntas. Disamping itu dapat diketahui juga bahwa permasalahan yang terjadi dipicu oleh beberapa hal yaitu seperti guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, guru juga masih cenderung menggunakan metode pembelajaran satu arah dalam menyampaikan materi, siswa juga mengatakan bahwa pada proses pembelajaran guru masih belum menerapkan pembelajaran yang berbasis IT yaitu menggunakan media pembelajaran yang dapat menciptakan keaktifan belajar pada siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V SD Negeri 1 Sidodadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tersebut . Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V SD Negeri 1 Sidodadi

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V SD Negeri 1 Sidodadi. Hasil koefisien kompetensi pedagogik guru adalah 1,096>0. Ini menunjukan bahwa kompetensi Pedagogik Guru berpengaruh secara positif terhadap Hasil Belajar Siswa. Dapat diketahui juga Nilai Thitung sebesar 2,594 lebih besar daripada nilai Ttabel adalah 1,685, Dapat diartikan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V SD Negeri 1 Sidodadi.

Kata Kunci : pengaruh kompetensi pedagogik, terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:50
Last Modified: 21 Feb 2024 01:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9218

Actions (login required)

View Item View Item