Hidayah, Nur (2023) Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Keuangan SMK Negeri 1 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NUR HIDAYAH - 1901012029 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan inti dalam suatu pendidikan sehingga diperlukan komponen yang sesuai seperti kurikulum, sarana dan prasarana, maupun peran guru yang berhubungan langsung dengan siswa sehingga dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar yang didapatkan siswa. Pengelolaan kelas merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh guru dalam menciptakan dan memelihara kondisi kelas sehingga tercipta suasana kegitan belajar mengajar yang kondusif serta mengendalikan bila terdapat gangguan dalam proses tersebut.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ‘’Adakah pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI Siswa kelas X jurusan Akuntansi Keuangan SMK Negeri 1 Sekampung?’’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Keuangan SMK Negeri 1 Sekampung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan akuntansi keuangan SMK Negeri 1 Sekampung yang berjumlah 62 siswa, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan untuk memperoleh data tentang pengelolaan kelas dan dokumentasi untuk memperoleh informasi berupa data yang diperlukan dalam penelitian serta profil dari SMK Negeri 1 Sekampung. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis pearson product moment.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI Siswa kelas X jurusan akuntansi keuangan SMK Negeri 1 Sekampung. Hasil perhitungan koefisien korelasi dengan menggunakan uji t sebesar 4, 096 dengan signifikasi 5% sebesar 2,00030. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,096>2,00030 yang artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kemudian hasil perhitungan koefisien determinasi adalah 0,27,9 sama dengan 27,9 %. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel Pengelolaan Kelas (X) berpengaruh terhadap variabel Hasil Belajar (Y) sebesar 27,9%. Sedangkan sisanya (100%- 27,9%= 72,1%) dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Pengelolaan Kelas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X Jurusan Akuntansi Keuangan SMK Negeri 1 Sekampung.
Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 01:55 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 01:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9230 |
Actions (login required)
View Item |