Hamdah, . (2023) Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Dengan Bantuan Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI HAMDAH - 1801040010 - TMTK.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Metro masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaankemampauan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan tutor sebaya dengan pembelajaran konvensional.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan posttest only control design. Populasi penelitian ini semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik clusterrandom sampling. Kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa adalah hasil post test sebanyak lima butir soal. Analisis data untuk kemampuan pemecahan masalah siswa dilakukan menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan pemecahan masalah siswa pada hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U diperoleh p value = 0,00 < taraf signifikan = 0,05. Karena p value < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa dari kedua kelompok tersebut. Maka terdapat perbedaan penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan tutor sebaya terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 2 Metro.
Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Tutor Sebaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 02:00 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 02:00 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9250 |
Actions (login required)
View Item |