Fieighten, Adelia Okta (2023) Problematika Latar Belakang Pendidikan Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Adelia Okta Fieighten - 2001020001 - PBA.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa IAIN Metro memiliki latar belakang pendidikan yang beragam yaitu dari pondok pesantren dan non pesantren, sehingga pengetahuan mereka tentang pembelajaran maharah Kalam sangat beragam. mahasiswa yang berasal dari pondok pesantren sudah terbiasa dengan pembelajaran maharoh kalam sedangkan yang berasal dari sekolah umum seperti SMU dan SMK belum terbiasa bahkan belum pernah belajar marah kalam sebelumnya, di sinilah muncul problematika kemampuan berbicara bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. partisipan penelitian adalah mahasiswa semester 4 Program Studi pendidikan bahasa Arab. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis data kualitatif milles and hunberm.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika latar belakang pendidikan pada pembelajaran maharah kalam di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan mempraktikkan berbicara bahasa arab saat pembelajaran maharah kalam, karena faktor non kebahasaan seperti takut salah dan tidak percaya diri yang disebabkan oleh latar belakang pendidikan sebelum belajar di program studi pendidikan bahasa arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 02:36 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 02:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9277 |
Actions (login required)
View Item |