Setiawan, Vickri (2023) Dialog Orang Tua dan Anak dalam Al-Qur'an (Kajian Psikologis Humanistik Oleh Abraham Maslow). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Vickri Setiawan - 1904020004 - BSA.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Psikologi Humanistik, Dialog Antara Ayah Dan Anak, Abraham Maslow.
Skripsi berjudul Percakapan Ayah dan Anak dalam Al-Qur’an (dirasah nafsiyah insaniyah li abrahaam maslow) merupakan karya tulis ilmiah yang menggambarkan kepribadian tokoh dengan mengacu pada psikologi humanistik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikologi manusia Abraham Maslow, yaitu teori psikologi kepribadian yang menetapkan lima kebutuhan dasar manusia hingga mencapai puncak kebutuhannya. Teori ini dianggap mampu menggambarkan secara jelas kepribadian manusia menurut lima tingkat kebutuhan manusia menurut teori Maslow.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekualitatif dengan analisis deskriptipf, yaitu metode yang dilakukan dengan mengungkapkan fakta kemudian dilanjutkan dengan analisis. objek penelitian ini adalah Al-Qur’an sebagai data primer. Kemudian muncul data sekunder dari buku, tafsir dan sumber lain yang sesuai dengan kebutuhan penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada tokoh ayah peneliti menemukan empat kebutuhan dasar, yaitu kebutuhan rasa aman, kebutuhan kasih sayang, kebutuhan penghargaan, dan yang terakhir adalah kebutuhan aktualisasi diri. Sedangkan untuk kepribadian anak, terdapat lima kebutuhan dasar seperti yang terdapat pada kebutuhan ayah di atas dan ditambah dengan kebutuhan psikologi. Setelah itu peneliti menemukan bahwa figur ayah dan anak tersebut mempunyai kepribadian baik dan kepribadian buruk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra Arab |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 02:36 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 02:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9279 |
Actions (login required)
View Item |