Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Manajemen Syariah Wedding Organizer Jejakmoo.id Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Seftiana, Ayu Diah (2024) Strategi Manajemen Syariah Wedding Organizer Jejakmoo.id Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Konsumen. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AYU DIAH SEFTIYANA - 2003011018 - ESY.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Wedding Organizer (WO) pada abad ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dan diminati para pelaku usaha karena memiliki peluang yang cukup menjanjikan termasuk di kota-kota besar seperti Lampung tepatnya di Kota Metro. Wedding Organizer Jejakmoo.id yang baru berdiri sekitar 1 tahun lebih sudah mampu bersaing dengan wedding organizer lain yang ada di kota metro, dikarenakan Jejakmoo.id ini menerapkan sistem manajemen syariah yang baik dan tepat sehingga banyak konsumen yang merasa puas dengan kinerja dari tim Jejakmoo.id.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen syariah wedding organizer Jejakmoo.id dalam upaya meningkatkan kepuasan konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemilik sekaligus pengelola wedding organizer Jejakmoo.id,karyawan Jejakmoo.id, dan konsumen yang pernah menggunakan jasa Jejakmoo.id. Wawancara dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling). Teknis analisis data dilakukan dengan cara berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, 1). Jejakmoo.id sudah melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan dengan cukup baik. 2). Peneliti menyimpulkan bahwa strategi manajemen syariah telah diterapkan cukup baik oleh wedding organizer Jejakmoo.id. Dikarenakan sudah sesuai dengan prinsip prinsip dan dasar-dasar manajemen syariah. Dapat dilihat dari hasil wawancara terhadap 4 orang yang pernah memakai jasa Jejakmoo.id merasa puas dengan kerja tim Jejakmoo.id. Walaupun usia bisnis ini bisa dibilang muda, mereka mampu bertahan dari pesaing pesaing Wedding Organizer lainnya. Dengan penerapan sistem manajemen dari mereka sendiri ini lah yang menjadikan ciri khas dari Wedding Organizer ini.

Kata Kunci: Strategi Manajemen Syariah Wedding Organizer Jejakmoo.id Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:57
Last Modified: 21 Feb 2024 08:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9284

Actions (login required)

View Item View Item