Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Sorogan Terhadap Pembelajaran Kitab Safinatun Najah Bagi Santri Kelas Jurumiyah Pondok Pesantren Ainul Falah Sumbergede Sekampung Lampung Timur Tahun Ajaran 2023/2024

Nisa, Muflihatun (2024) Penerapan Metode Sorogan Terhadap Pembelajaran Kitab Safinatun Najah Bagi Santri Kelas Jurumiyah Pondok Pesantren Ainul Falah Sumbergede Sekampung Lampung Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MUFLIHATUN NISA - 1901021013 - PBA.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Metode merupakan komponen terpenting dalam suatu kegiatan pembelajaran, pembelajaran dikatakan berhasil jika metode tersebut cocok untuk diterapkan. Fenomena pembelajaran kitab safinatun najah dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan metode sorogan. Metode ini adalah metode tradisional khas pesantren, yang mana dalam metode ini seorang santri menyodorkan (sorog) dan membacanya satu-persatu kepada seorang Kyai, dengan metode ini pula seorang Kyai mampu melihat sampai dimana kemampuan seorang santri dalam pembelajaran kitab safinatun najah dengan metode sorogan dalam satu hari nya.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu peneliti menggambarkan keadaan sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan untuk mengumpulkan data terkait penerapan metode sorogan terhadap pembelajaran kitab safinatun najah bagi santri kelas jurumiyah pondok pesantren ainul falah sumbergede sekampung Lampung Timur. Sumber daya yang di teliti yaitu santri kelas jurumiyah yang berjumlah 17 santri dari 11 santri perempuan dan 6 santri laki-laki dengan guru sorogan yang berjumlah 5 orang di pondok pesantren ainul falah sumbergede sekampung Lampung Timur. Metode yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sorogan terhadap pembelajaran kitab safinatun najah bagi santri kelas jurumiyah pondok pesantren ainul falah sumbergede sekampung Lampung Timur. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat di analisis bahwa penerapan metode sorogan yang di gunakan di pondok pesantren ainul falah sudah sangat efektif dan bisa dijadikan acuan agar santri bisa membaca dan memahami isi kitab dengan keistiqomahan, kesabaran santri dan guru, dan semangat santri agar cepat bisa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:38
Last Modified: 28 Feb 2024 02:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9296

Actions (login required)

View Item View Item