Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode CTL kelas III SD Negeri 3 Simpang Agung tahun pelajaran 2018/2019

Wulandari, Iis (2019) Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode CTL kelas III SD Negeri 3 Simpang Agung tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 147.FTIK.2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) memiliki kelebihan yaitu siswa dapat mengembangkan materi menurut pemahamannya sendiri sehingga siswa dapat menghubungkan dan menerapkan pada kehidupan sehari-hari.

Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SD Negeri 3 Simpang Agung. Hal ini disebabkan karena siswa asik menngobrol pada saat proses belajar mengajar, siswa kurang mendengarkan ketika guru menjelaskan, dan metode yang digunakan guru kurang bervariasi dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SD Negeri 3 Simpang Agung.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri tiga kali pertemuan dari aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Simpang Agung pada pembelajaran IPA semester genap T.A 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan (postest), lembar observasi dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi, aktivitas guru dan siswa, dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51,85%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 77,7% dan telah mencapai ketuntasan belajar 70% pada akhir siklus. Maka dapat disimpukan bahwa motode Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa mata pelajaran IPA kelas III SD Negeri 3 Simpang Agung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Oct 2019 01:47
Last Modified: 03 Oct 2019 01:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item