Fajar, Muhammad (2019) Pengaruh Etika Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VII di SMP Negeri 02 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI MUHAMMAD FAJAR NPM. 1501010277 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai apakah pendidikan di suatu sekolah berhasil atau tidak. Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah etika belajar.
Etika belajar bukanlah syarat mutlak seseorang untuk menjadi pandai, displin bukan pula menjadi penentu untuk mendapatkan nilai yang terbaik, tetapi etika adalahstudi tentang kehendak manusia, yaitu kehendak yang berhubungan dengan keputusan tentang yang benar dan yang salah dalam tindak perbuatan manusia berhubungan dengan prinsip-prinsip yang mendasari nilai-nilai hubungan antar manusia. sebagai prinsip-prinsipmoral, ajaran, adat, atau kebiasaan berkenaan apa yang baik, dan tepat dalam pelaksanaan belajar dan mengajar.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah ada pengaruh etika belajarterhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islamdan Budi Pekerti siswa kelas VIIdi SMP N 2 Kotagajah Lampung Tengah, sedangkan anggota populasi dalam penelitian ini sebanyak 320 siswa dengan anggota sampel sebanyak 62 siswa.
Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang etika belajar, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasitentang hasil belajar Pendidikan Agama Islamdan Budi Pekerti, sejarahsingkat berdirinya, visi misi dan tujuan, kondisi, identitas, lokasi sekolah, sarana dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawansertadata jumlah siswa kelas VIISMP N 2 Kotagajah Lampung Tengah.
Hasil penelitian tentang pengaruh etikabelajar terhadap hasil belajar pendidikan agama islamdan budi pekertidi SMP Negeri 02 Kotagajah Lampung Tengah,nilai signifikan hubungan antara etika belajar dengan hasil belajar sebesar 0,000karena nilai signifikan lebihkecildari 0,05maka menunjukanhubungan antara etika belajar dengan hasil belajar.Nilai korelasi pearson sebesar 0,490, maka tingkat hubungan antara etika belajar dengan hasil belajartermasuk kategori korelasi sedang.Berdasarkan uraian di atas dapat dipahami bahwa etikabelajar mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islamdan Budi Pekerti di SMP Negeri 02 Kotagajah Lampung Tengah.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Etika Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 06:57 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 06:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/934 |
Actions (login required)
View Item |