Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemahaman Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Metro Lampung)

Khofifah, Anggita Nur (2023) Pengaruh Pemahaman Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Metro Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
anggita nurkhofifah.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman kewirausahaan dapat menjadi faktor penting dalam mengembangkan minat untuk berwirausaha. Visi misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro yang berlandaskan pada socio-ecotechno preneurship menunjukkan bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan fakultas yang memiliki kompetensi dibidang ekonomi, bisnis dan memiliki jiwa kecendikiawanan yang inovatif dan kreatif, namun minat mahasiswa dalam berwirausaha sangatlah rendah, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Angkatan 2019. Adapun hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh pemahaman kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Angkatan 2019.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2019 yang berjumlah 206 mahasiswa. Sampel sebanyak 118 responden ditentukan menggunakan tabel Isaac dan Michael. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman kewirausahaan dan minat berwirausaha. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu, Analisis Regresi Sederhana.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikanantara pemahaman kewirausahan antara minat berwirausaha. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 16,055 > t tabel 1,980 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Pengaruh pemahaman kewirausahaan terhadap minat berwirausaha memiliki nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,690 atau 69,0% yang artinya variabel pemahaman kewirausahaan memiliki pengaruh sebesar 69,0%.
Kata Kunci: Pemahaman Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:35
Last Modified: 28 Feb 2024 02:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9358

Actions (login required)

View Item View Item