Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Maharatul Kitabah Bagi Siswa Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Lampung Tengah

Mukaromah, Siti Markhamatul (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Maharatul Kitabah Bagi Siswa Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Siti Markhamatul Mukaromah - 1901020020 - PBA.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan kurangnya penerapan model pembelajaran siswa kelas VIII mts bustanul ulum lampung tengah. Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor yaitu kurangnya penerapan model pembelajaran dan sedikitnya waktu pembelajaran sehingga menyebabkan kurangnya menerapan model pembelajaran.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu tes,wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yaitu kelas eksperimen kelas A yang berjumlah 20 siswa dan kelas kontrol kelas B yang berjumlah 20 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap maharatul kitabah, hal ini dapat dibuktikan dengan uji-t (independent t test) didapatkan hasil nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Lampung Tengah. Pada hasil analisis data mengenai keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan (pretest) kelas eksperimen adalah 56,75. Sedangkan setelah diberikan perlakuan (posttest) kelas eksperimen adalah 79,75. Nilai pretest kelas kontrol adalah 68,5. Maka dapat disimpulkan kelas yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran picture and picture memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan nilai siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran picture and picture.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture And Picture, Maharatul Kitabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:07
Last Modified: 26 Mar 2024 07:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9410

Actions (login required)

View Item View Item