Tanjung, Muhammad Iqbal (2024) Hubungan Pemanfaatan Waktu Belajar Diluar Jam Pelajaran Dengan Hasil Belajar PAI Dan Budi Pekerti Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Muhammad Iqbal Tanjung - 1701010148 - PAI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan akibat dari proses belajar seseorang. Hasil belajar terkait dengan perubahan pada diri orang yang belajar. Bentuk perubahan sebagai hasil dari belajar berupa perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, keterampilan dan kecakapan. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti subyek didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Metro.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif expost facto. Artinya sesudah fakta, yang menurut Sugiyono yaitu penelitian yang dilakukan setelah suatu kejadian itu terjadi. disebut juga sebagai restropective study karena penelitian ini merupakan penelitian penelusuran kembali terhadap suatu peristiwa atau suatu kejadian dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Quesioner, observasi, dan dokumentasi. Adapun Dalam menganalisis data penelitian menggunakan rumus ststistik yaitu dengan rumus Chi Kuadrat.
Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ada Hubungan Pemanfaatan Waktu Belajar Diluar Jam Pelajaran Terhadap Hasil Belajar PAI dan Budi pekerti Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Metro. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Square dapat dilihat nilai Asymp.Sig sebesar 0,013. Diketahui bahwa nilai Asymp.Sig 0,013 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Pemanfaatan Waktu Belajar Diluar Jam Pelajaran Terhadap Hasil Belajar PAI dan Budi pekerti Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Metro. Hal ini dapat diartikan pula bahwa Pemanfaatan Waktu Belajar Diluar Jam Pelajaran mempunyai kolerasi dengan Hasil Belajar Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Metro yang diperolehnya. Berdasarkan pengujian tersebut, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan (H0) ditolak.
Kata Kunci: Pemanfaatan, Waktu Belajar Diluar Pelajaran, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 02:18 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 02:18 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9431 |
Actions (login required)
View Item |