Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MA Ma’arif 9 Kotagajah

Safitri, Diah Meliani (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MA Ma’arif 9 Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DIAH MELIANI SAFITRI - 1701010019 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai apakah pendidikan di suatu sekolah berhasil atau tidak. Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan metode resitasi oleh seorang pendidik dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan seorang pendidik agar mampu menciptakan lingkungan kelas yang menyenangkan dan menarik sehingga siswa mampu mengasah kreativitasnya dalam berfikir yang nantinya berdampak pada meningkatnya hasil belajarnya khususnya dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni adakah pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Ma’arif 9 Kotagajah, sedangkan populasi dalam penelitian ini ialah kelas XII IPA 1, IPS 1, IPS 2 dengan sampel 40 siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasi pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Ma’arif 9 Kotagajah. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang penggunaan metode resitasi, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar Al-Qur’an Hadits, sejarah singkat berdirinya, visi misi dan tujuan, data pendidik dan tenaga kependidikan, data peserta didik, keadaan sarana dan prasarana, struktur organisasi, denah lokasi MA Ma’arif 9 Kotagajah.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XII MA Ma’arif 9 Kotagajah . Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga xhitung 23,647 lebih besar dari xtabel signifikan 5% dengan harga 9,488. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diteima dan (H0) ditolak, dengan tingkat pengaruh sangat tinggi.

Adapun dari hasil perhitungan koefisien determinasinya penggunaan metode resitasi memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 74,63% dalam mempengaruhi Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XII MA Ma’arif 9 Kotagajah.

Kata Kunci: Metode Resitasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:15
Last Modified: 25 Mar 2024 02:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9440

Actions (login required)

View Item View Item