Hanifah, Dede (2024) Penerapan Diskon Melalui Seller Lazada Di Tinjau Dari Etika Bisnis Islam Di Kanza Mart Jalan Baru Jakarta Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DEDE HANIFAH -1903010019 - ESy.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Dunia bisnis website dalam bentuk e-commerce merupakan suatu kebutuhan dari suatu bisnis yang telah maju untuk mengembangkan usaha karena terdapat berbagai manfaat yang di miliki oleh e-commerce salah satunya yakni pemasaran produk yang mudah digunakan oleh para pelaku bisnis. Strategi pemasaran yang digunakan yakni penerapan diskon melalui salah satu platform di Indonesia yakni Lazada. Melalui aplikasi seller Lazada ini memberikan kemudahan bagi para seller dan costumer. Dengan penerapan diskonnya dapat menarik minat costumer pada suatu toko untuk membeli produk tersebut. Namun dalam etika bisnis islam pada dasarnya boleh saja penjual melakukan pemberian diskon asalkan tidak adanya penipuan terkait manipulasi harga, penyalahgunaan kebutuhan, atau mengurangi kualitas produk yang dijual. Untuk hal itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penerapan diskon yang dilakukan oleh Kanza Mart melalui seller Lazada yang ditinjau dengan etika bisnis islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku bisnis dalam praktek penerapan diskon berbasis online e-commerce sesuai dengan Syariat islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sumber datanya menggunakan sumber data primer yakni wawancara dengan pemilik toko, karyawan, costumer yang pengambilan datanya menggunakan purposive sampling, dan sumber data sekunder menggunakan dokumentasi berupa data yang tersusun dalam bentuk dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam teknik keabsahan data menggunakan trigulasi teknik. Teknik analisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Lazada memberikan Kanza Mart wadah dalam berjualan online tetapi juga memberikan fitur-fitur diskon walaupun terdapat beberapa fitur yang hanya bisa lazada berikan kepada seller-seller. Dalam penerapan diskon Kanza Mart memilih fitur diskon seperti harga diskon coret, voucher, flexi combo, free ongkir dan Kanza mart terpilih oleh Lazada untuk memasarkan produknya menggunakan diskon campaign yang dilakukan setiap awal dan akhir bulan oleh lazada. Namun dalam penerapan diskon tersebut belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip etika bisnis islam. Yang mana dalam prakteknya Kanza Mart cenderung mengurangi takaran, kualitas produk yang tidak bermutu, dan perubahan harga yanag tidak transparan pada terjadinya diskon. Yang mana dari 7 prinsip etika bisnis islam kanza mart hanya menjalankan 3 prinsip saja yakni seperti dilarang menggunakan sumpah, longgar dan bermurah hati, membangun hubungan baik antar kolega.
Namun untuk 4 prinsip lainnya Kanza Mart tidak menjalankan sesuai dengan syariat islam seperti jujur dalam takaran, menjual barang baik dan mutunya, tertib administrasi dan menetapkan harga dengan transparan. Dari penerapan diskon tersebut sudah tidak sesuai dengan etika bisnis islam dan hal tersebut merugikan costumer. Oleh karena itu perlu adanya kesadaran dan tindakan perbaikan dari pihak bisnis untuk memastikan bahwa praktik bisnis juga harus sesuai dengan etika bisnis Islam.
Kata Kunci: Diskon, Ecommerce, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 07:09 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 07:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9459 |
Actions (login required)
View Item |