Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP PGRI 01 Trimurjo Lampung Tengah

Nida, Shofatun (2024) Pengaruh Penggunaan Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP PGRI 01 Trimurjo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Shofatun Nida.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Metode tanya jawab yang digunakan oleh guru dalam mengajar sangat erat kaitanya dengan hasil belajar peserta didik, karena materi yang disampaikan guru dengan metode tanya jawab mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Metode tanya jawab guru baik maka hasil belajar peserta didik baik.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah „‟Apakah ada pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI Siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Trimurjo Lampung Tengah?‟‟. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 Trimurjo Lampung Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Trimurjo Lampung Tengah, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan untuk memperoleh data tentang metode tanya jawab dan dokumentasi untuk memperoleh informasi berupa data yang diperlukan dalam penelitian serta profil dari SMP PGRI 01. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis pearson product moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar PAI Siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Trimurjo Lampung Tengah. Hasil perhitungan koefisien korelasi dengan menggunakan uji t sebesar 2,531. Dengan demikian t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,748>2,00030 yang artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kemudian hasil perhitungan koefisien determinasi adalah 0,428 sama dengan 43,2 %. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel Metode Tanya Jawab (X) berpengaruh terhadap variabel Hasil Belajar (Y) sebesar 43,2%. Sedangkan sisanya (100%-43,2%= 56,8%) dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Metode Tanya Jawab mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Trimurjo Lampung Tengah.
Kata Kunci: Metode Tanya Jawab, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:27
Last Modified: 10 Jul 2024 01:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9485

Actions (login required)

View Item View Item