Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Tengah

Ramah, Sutri (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS SUTRI RAMAH - 2171030019 - B. ARAB.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum pendidikan memainkan peran sangat penting dalam menunjang keberhasilan pendidikan. Implementasi kurikulum di Indonesia mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Diberlakukannya kurikulum merdeka belajar oleh Kementerian Pendidikan pada tahun 2021 kemudian diikuti oleh madrasah di bawah naungan Kementerian Agapada tahun 2022. Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Tengah merupakan madrasah yang dijadikan percontohan dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan melihat sejauh mana kesiapan Aliyah Negeri 1 Lampung Tengah dalam melakukan perencanaan pembelajaran Bahasa Arab berbasis kurikulum merdeka sehingga pelaksanaan dan evaluasinya bisa berjalan sesuai tujuan yang diharapkan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam kepada pimpinan madrasah, guru bahasa Arab, dan sejumlah siswa yang ditunjang dengan dokumentasi.

Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk memastikan keabsahan data, penulis menggunakan empat uji: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitias.

Hasil penelitian menemukan fakta bahwa penerapan kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah 1 Lampung Tengah dilakukan secara bertahap dan terbatas disesuaikan dengan kesiapan madrasah. Penelitian ini menemukan tiga temuan utama, yakni: 1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab kurikulum merdeka dilakukan dengan memahami capaian pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, menyiapkan perangkat pembelajaran dan asesmen; 2) implementasi pembelajaran bahasa Arab kurikulum merdeka menggunakan strategi pembelajaran berbasis diferensiasi; dan 3) evaluasi pembelajaran bahasa Arab kurikulum merdeka baru sebatas untuk mengetahui hasil belajar siswa dan belum menyentuh evaluasi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Sedangkan problematika yang dihadapi guru bahasa Arab dalam menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka adalah dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, yakni kesulitan mengakomodir kebutuhan peserta didik yang beragam akibat terbatasnya waktu, menyesuaikan dengan perangkat pembelajaran yang baru, serta belum tersedianya buku ajar kurikulum merdeka. Maka dari itu, dibutuhkan penelitian lanjutan guna mengatasi permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:46
Last Modified: 30 Apr 2024 03:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9500

Actions (login required)

View Item View Item