Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Sikap Menghargai Pendapat Sesama Siswa Kelas V SD IT Cinta Illahi Gunung Sugih

Hidayah, Lufiyana Latifatul (2024) Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Sikap Menghargai Pendapat Sesama Siswa Kelas V SD IT Cinta Illahi Gunung Sugih. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
LUFIYANA LATIFATUL HIDAYAH-1901011090.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Metode diskusi adalah metode pembelajaran yang menghadapkan peserta didik pada suatu permasalahan. Dengan menerapkan metode diskusi siswa dibina untuk mengembangkan keberanian dalam mengeluarkan pendapat, melatih peserta didik untuk berfikir kritis dan terbuka selain itu diskusi juga dapat membantu siswa untuk bertukar pikiran dan mengembangkan sikap menghargai pendapat yang siswa miliki dengan orang lain.

Peneliti menentukan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap sikap menghargai pendapat sesama siswa kelas V SD IT Cinta Illahi Gunung Sugih?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan metode diskusi terhadap sikap menghargai pendapat sesama siswa kelas V SD IT Cinta Illahi Gunung Sugih.

Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif yang didukung dengan data-data berupa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumah 17 orang, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu metode diskusi sebagai variabel bebas dan sikap menghargai pendapat sebagai variabel terikat. Ada dua hipotesis dalam penelitian ini yakni hipotesis alternatif (Ha) dan hipotesis nol (H0).

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada korelasi yang positif antara variabel x dan y, hal ini dibuktikan dari uji korelasinya dengan rumus product moment dan diperoleh hasil pearson correlation sebesar 0,512 berada antara 0,40 s/d 0,59 yang memiliki signifikansi sedang variable x (metode diskusi) dan y (sikap menghargai pendapat) yang dilihat dari nilai sig yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,512 > r tabel 0,482. Artinya penggunaan metode diskusi berpengaruh sedang terhadap sikap menghargai pendapat siswa kelas V SD IT Cinta Illahi Gunung Sugih.
Kata Kunci: Metode Diskusi dan Sikap Menghargai Pendapat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 13 May 2024 01:41
Last Modified: 13 May 2024 01:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9555

Actions (login required)

View Item View Item