Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping pada Kemampuan Maharah Kitabah Siswa Kelas VIII MTS Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022

Triani, Eliya (2021) Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping pada Kemampuan Maharah Kitabah Siswa Kelas VIII MTS Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Arab SKRIPSI ELIYA TRIANI - Eliya Triani.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

kemampuan menulis siswa kelas VIII MTsN 1 Lampung Timur masih terbilang rendah. Ini disebabkan siswa masih merasa kesulitan dalam memulai menuliskan kata atau kalimat karena kurangnya penguasaan mufrodat. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan dalam belajar menulis belum bisa
menumbuhkan semangat siswa dalam belajar menulis. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping pada kemampuan menulis siswa kelas VIII MTs 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2021/2022. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan tes. Tekhnik analisi data menggunakan rumus ANOVA.
Adapun hasil penelitian adalah penerapan metode mind mapping berpengaruh terhadap peningkatan ketrampilan menulis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Fhitung berada pada nilai 64840, dan ketika dibandingkan dengan nilai Ftabel pada derajat kebebasan 1452, di level signifikasi 5: berada pada nilai 4405. Dengan demikian nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel. Oleh karena itu dapat diambil ketetapan bahwa terdapat perbedaan antara keterampilan menulis kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Jun 2024 00:40
Last Modified: 06 Jun 2024 00:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9663

Actions (login required)

View Item View Item