Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Belajar Mandiri Untuk Menguasai Maharatul Kalam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro Tahun Ajaran 2023/2024

Yunia, Reza (2024) Belajar Mandiri Untuk Menguasai Maharatul Kalam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Reza Yunia - 1901020017 - PBA.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmerataan kamampuan maharatul kalam pada mahasiswa semester 3 jurusan PBA di IAIN Metro. Salah satu penyebabnya adalah perbedaan kegiatan belajar yang dilakukan secara mandiri di luar jam kuliah di kampus. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti usaha belajar mandiri dan efektifitas belajar mandiri dalam meningkatkan maharatul kalam mahasiswa semester 3 Jurusan PBA di IAIN Metro.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis data penelitian kualitatif konstan komparasi oleh Glaser dan Strauss yakni prosedur komparasi untuk mencermati kepaduan teori dengan data penelitian serta kepaduan hasil temuan dengan kenyataan di lapangan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 jurusan pba iain metro dengan jumlah 16 mahasiswa yang terdiri dari 7 mahasiswa laki-laki dan 9 mahasiswa perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya belajar mandiri yang dilakukan mahasiswa beragam dan memiliki tingkat efektifitas yang berbeda terhadap hasil belajar maharatul kalam. Kegiatan belajar mandiri dengan hasil belajar maharatul kalam paling baik adalah rutin menggunakan applikasi media social dan rutin membaca dan menghafalkan mufrodat dilakukan oleh 12,5% mahasiswa. Kemudian kegiatan belajar mandiri dengan hasil belajar maharatul kalam baik adalah praktek berbicara dengan teman dilakukan oleh 6,25% mahasiswa. Selanjutnya 75% mahasiswa yang mengandalkan pembelajaran kelas ل dan hanya melakukan belajar mandiri saat ada keperluan tugas atau ujian memperoleh hail belajar maharatul kalam yang cukup baik. Terakhir sebanyak 6,25% mahasiswa dengan hasil belajar maharatul kalam buruk tidak melakukan kegiatan belajar mandiri dan jarang mengikuti pembelajaran di kelas. Persentase jumlah mahasiswa ini didapatkan dari rumus jumlah presentase= jumlah bagian : jumlah keseluruhan × 100%. Sehingga ditemukan bahwa mayoritas mahasiswa pba semester 3 yang melakukan belajar mandiri hanya pada saat ujian mendapatkan hasil belajar yang cukup baik. Mahasiswa yang melakukan kegiatan belajar mandiri secara rutin mendapatkan nilai yang sangat baik. dan mahasiswa yang tidak melakukan kegiatan belajar mandiri memperoleh nilai yang kurang baik.

Kata kunci: Belajar Mandiri, Kemampuan Berbicara, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:11
Last Modified: 12 Jul 2024 03:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9750

Actions (login required)

View Item View Item