Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Flow Akademik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Paket C (Studi Kasus PKBM Al Suroya Metro)

Adlai, Raden Galih Aulia (2024) Flow Akademik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Paket C (Studi Kasus PKBM Al Suroya Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Raden Galih Aulia Adlai - 2001011089 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

PKBM Al Suroya merupakan lembaga pendidikan non formal yang memfasilitasi kepada masyarakat-masyarakat yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bersekolah. Sistem pembelajaran di PKBM yaitu pembelajaran online dan offline, yang mana dilakukan seperti sekolah-sekolah pada umumnya secara tatap muka, sedangkan pembelajaran online biasanya menggunakan whattsapp grup, google classroom, zoom, dan google meet. Yang mana dalam proses pembelajarannya ini konsentrasi sangat diperlukan agar siswa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Latar belakang penelitian ini adalah hilangnya konsentrasi siswa ditengah pembelajaran sedang berlangsung, yang mana ini ditandai dengan banyak siswa yang bermain game, membuka aplikasi diluar konteks pembelajaran seperti whattsapp, instagram, dan tiktok pada saat proses pembelajaran.

Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah tutor PAI dan siswa sebanyak 4 orang yang terdiri dari kelas XI, sedangkan sumber data sekunder adalah kepala PKBM Al Suroya. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik, Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa flow akademik dalam meningkatkan hasil belajar siswa paket C belum terlaksana dengan baik sebab terdapat beberapa indikator yang belum terpenuhi seperti konsentrasi yang ada hanya diawal pembelajaran dan kurangnya kenyamanan yang dirasakan oleh siswa pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Faktor yang menjadi penghambat flow akademik dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah kelas yang memiliki siswa heterogen, kurangnya penguasaan materi oleh tutor, sarana dan prasarana yang kurang memadai. Faktor pendukung flow akademik dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah komunikatif antara siswa dan tutor, serta metode/strategi pembelajaran yang bervariasai.

Kata Kunci : Flow Akademik, Konsentrasi, Hasil Belajar, Siswa, Tutor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Jul 2024 00:14
Last Modified: 18 Jul 2024 00:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9787

Actions (login required)

View Item View Item