Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas III SDn Marga Kaya

Arianti, Putri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas III SDn Marga Kaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
PUTRI ARIANTI (2001030024).pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) atau berpikir, berpasangan, berbagi merupakan jenis pembelajaran cooperative yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Model pembelajaran Cooperative tipe Think Pair Share (TPS) ini salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah menerima pengalaman belajar.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar Tematik peserta didik kelas III SDN Marga Kaya yang rendah. Adapun kegiatan pembelajaran yang diterapkan di kelas III SDN Marga Kaya pendidik lebih sering menggunakan metode ceramah serta penugasan. Hal ini menjadikan pembelajaran masih terfokus pada guru sehingga peserta didik cenderung pasif dan sulit dalam memahami materi pelajaran. Peneliti memilih model pembelajaran yang menarik, untuk menciptakan keaktifan siswa dan pembelajaran berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar tematik kelas III SDN Marga Kaya.

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Marga Kaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel terdiri dari dua kelas A dan B berjumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes uraian. Data dianalisis dengan uji non-parametrik yaitu mann whitney U. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Tematik kelas III SDN Marga Kaya. hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai taraf signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen = 87,25 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 78,21. Dengan demikian model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) ini berpengaruh terhadap hasil belajar.
Kata Kunci : Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar, Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:05
Last Modified: 17 Jul 2024 02:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9804

Actions (login required)

View Item View Item