Widodo, Aris (2024) Prngaruh Media Audio Visual Terhadap Maharah Istima Bahasa Arab Pada Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Metro tp. 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Aris Widodo.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap marah istima siswa kelas IX MTS mambaul ulum metro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan sampel yaitu menggunkan kelas IX sebagai kelas eksperimen dan kelas IX sebagai kelas kontrol.
Dalam proses pembelajaran baik kelas eksperimen ataupun kelas kontrol dimulai dengan pemberian soal pretest, kemudian peserta didik diberikan penjelasan materi dengan menggunakan media audio visual untuk kelas eksperimen, dan secara konvensional untuk kelas kontrol. Selanjutnya, untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut diakhiri dengan mengerjakan soal posttest. Hal ini dilakukan untuk mengukur penguasaan peserta didik pada materi bahasa arab.
Pada penelitian ini, variabel bebasnya yaitu penggunaan media audio visual sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Deskripsi hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan media audio visual adalah 81,87 dan kelas kontrol adalah 77,70. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-w pada taraf signifikan, α = 0.144 yaitu 0.144 >0.05. Menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTS mambaul ulum metro.
Kata Kunci : media audio visual, maharah istima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 00:33 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 00:33 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9881 |
Actions (login required)
View Item |