Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Arias Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo

Rini, Fara Puspa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Arias Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
FARA PUSPA RINI_2001010021.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal. Adapun penyebab hasil belajar yang kurang maksimal dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat berakibatkan proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Arias berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Ma’arif Nu 1 Purbolinggo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Arias terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Ma’arif Nu 1 Purbolinggo. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan ketika menggunakan model pembelajaran Arias dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Ma’arif Nu 1 Purbolinggo.

Jenis penelitia n ini adalah penelitia n kuantitatif denga n metode yang digunaka n dalam penelitia n ini adalah metode quasi eksperime n desig n. Populasi pada penelitia n ini adalah kelas XI TBSM 1, TBSM 2, TBSM 3 da n kelas TBSM 4. Kelas TBSM 2 sebagai kelas eksperime n menerapka n model pembelajara n Arias da n kelas TBSM 4 sebagai kelas kontrol menggunaka n metode pembelajaran seperti biasanya. Adapu n tekni k pengumpula n data pada penelitia n ini menggunaka n tes, observasi da n dokumentasi.

Berdasarka n hasil analisis data diperoleh nilai skror rata-rata hasil belajar Pendidika n Agama Islam untu k kelas eksperime n yaitu 85,83 da n kelas kontrol yaitu 51,92. Pada Uji T-test menunjuka n bahwa nilai signifikansi (2-tailed) .000 < 0,05 yang dimana dapat disimpulka n bahwa H0 ditola k da n H1 diterima. Jadi dapat disimpulka n bahwa terdapat pengaruh model pembelajara n ARIAS terhadap hasil belajar Pendidika n Agama Islam da n Budi Pekerti di SM K Ma’arif Nu 1 Purbolinggo.
Kata kunci : Model Pembelajara n ARIAS, Hasil Belajar Pendidika n Agama
Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:21
Last Modified: 08 Oct 2024 07:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9992

Actions (login required)

View Item View Item