Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan Account Officer dalam Menarik Minat Masyarakat Jatimulyo Menjadi Nasabah Lendingpt. BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo

Oktaviana, Lela (2019) Peranan Account Officer dalam Menarik Minat Masyarakat Jatimulyo Menjadi Nasabah Lendingpt. BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
LELA OKTAVIANA NPM. 1502100070.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) adalah bank syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Aktivitas perbankan adalah menghimpun dana dari masyarakat luas yang dikenal dengan istilah di dunia perbankan adalah kegiatan Funding. Setelah memperolehdana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, maka oleh perbankan dana tersebut diputar kembali dalam bentuk pinjaman atau lebih dikenal dengan istilah pembiayaan (lending). Pemberian pembiayaan bagi bank yang berdasarkan prinsip syariah dapat berdasarkan bagi hasil atau penyertaan modal. Salah satu penunjang pendapatan bank syariah adalah dari aktifitas penyaluran dana yang diberikan kepada masyarakat dengan berbasis bagi hasil yaitu seperti produk musyarakah. Produk musyarakah yang sangat penting dalam meningkatan perekonomian masyarakat namun selama berjalannya waktu produk berbasis bagi hasil ini kurang diminati masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan account officerdalam menarik minat masyarakat Jatimulyo menjadi nasabah lendingPT. BPRS Metro Madani kantor cabang Jatimulyo. Sedangan sifat penelitian bersifat deskriptif. Sumber data ya g digunakan adalah primer dan sekunder. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan doumentasi. data hasil temuan digambaran secara desriptif dan dianalisis menggunakan cara berpiir induktif.

Hasil penelitian menyimpulan bahwa peranan account officeraccount officerdalam menarik minat masyarakat jatimulyo menjadi nasabah lendingPT. BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo adalah khususnya musyarakahmeliputi empat cara sesuai dengan teori yaitu peranan pertama menerapkan prinsip know your custumer, peranan kedua yaitu pemasaran produk pembiayaan kepada calon nasabah yaitu merencankan strategi pemasaran yang didalamnya. Peranan Ketiga, account officermenerapkan prinsip bahwa account officerselalu menjaga hubungan baik dengan calon nasabah maupun nasabah lama dengan cara menjaga komunikasi, menggunakan gaya bahasa ketika menaggapi keluhan-keluhan nasabah dengan menyesuaikan keadaan calon nasabah.Peranan Keempat, mengelola penjualan. Dalam mengelola penjualan account officermerencanakan strategi pemasaran meliputi mengenalkan bank kepada calon nasabah, mengenalkan produk bank, melakukan promosi dengan cara door to door, menyebar brosur, mendekati orang yang dikenal dan mensurvei lokasi pasar sebelum melakukan pemasaran produk pembiayaan dengan melihat sektor ekonomi, sektor profesi, sektor tingkat kehidupan. Meskipun telah melakukan beberapa peranan Account officerPT BPRS Metro Madani K.c. Jatimulyo kurang optimal dalam melaksanakan prinsip know your custumerdimana pihak account officermengalami kesulitan alam memahami karakter nasabah. Pada proses pemasaran account officerbelum optimal dalam memberikan edukasi mengenai pembuatan laporan keuangan, menerapkan strategi harga. Pada bagian Phisical Evidence atau bukti fisik yaitu PT BPRS Metro Madani K.c. jatimulyo belum dilengkapi dengan sistem ATM yang memberikan kemudahan pada nasabah. Pada bauran harga yaitu nisbah bagi hasil yang ditetapkan PT BPRS Metro Madani tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:36
Last Modified: 17 Jan 2020 07:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item