Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Wafa Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII SMP Cendekia Madani Metro

Azizah, Rofiq (2025) Pengaruh Metode Wafa Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII SMP Cendekia Madani Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Rofiq Azizah.pdf] PDF
Rofiq Azizah.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam menilai keberhasilan pendidikan Al-Qur’an di suatu sekolah. Sedangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu metode, motivasi, bimbingan dari guru serta lingkungan siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa maka diperlukan penggunaan metode yang tepat.

Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni “Apakah ada pengaruh metode wafa terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII SMP Cendekia Madani Metro?” sedangkan angguta populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Seperti yang telah dijelaskan diatas, maka fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode wafa terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII SMP Cendekia Madani Metro.

Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data kuesioner (angket), tes, dan dokumentasi. Kuesioner ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang Metode Wafa, Tes yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang kemempuan menghafal Al-Qur’an siswa, serta dokumentasi digunakan untuk mendapatkan informasi tentang hasil kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa.

Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah peneliti kumpulkan dalam penelitian ini, selanjutnya yang peneliti lakukan adalah menginterpretasikan product moment dengan ttabel. Hal ini lebih lanjut dapat diliihat dari perhitungan product moment antara perhitungan angket metode wafa terhadap hasil tes kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa, terlihat bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,772 > 1,704 karena nilai korelasi pearson lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikasi 5%, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai korelasi pearson sebesar 0,399, maka Tingkat hubungan antara metode wafa terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an termasuk dalam kategori rendah

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode wafa terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII SMP Cendekia Madani Metro.

Kata kunci: Metode Wafa, Menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 06 May 2025 01:58
Last Modified: 06 May 2025 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11030

Actions (login required)

View Item View Item