Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah (Ma) Mathla’ul Anwar Kedondong

Fatiha, Raudlatul (2025) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah (Ma) Mathla’ul Anwar Kedondong. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of RAUDLATUL FATIHA.pdf] PDF
RAUDLATUL FATIHA.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Untuk mengetahui upaya guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar SKI di Madrasah Aliyah (MA) Mathla‟ul Anwar Kedondong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di Madrasah Aliyah (MA) Mathla‟ul Anwar Kedondong. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif yang bersifat deskrptif. Sumber data primer yaitu guru SKI dan data skunder yaitu siswa dan wali kelas.

Hasil penelitian: upaya yang dilakukan guru SKI terlihat sekali dalam meningkatkan motivasi belajar SKI yaitu dengan menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa diawal pembelajaran dengan menampilkan film melalui LCD proyektor yang berkaitan dengan materi, memberikan nilai tambahan kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar, memberi hadiah atau ucapan selamat sepada siswa yang mendapatkaan keberhasilan dalam belajar, memberitahu hasil belajar siswa dengan cara memberikan lembar hasil belajar atau menyebutkan nilai siswa satu persatu, memberikan nasehat kepada siswa yang masih memiliki motivasi rendah dalam belajar SKI dan pujian pada siswa yang mendapatkan hasil yang baik dalam belajar SKI. Hasil upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar SKI cukup baik hal ini terbukti dengan adanya perubahan sikap dan tingkah laku siswa ketika mengikuti pelajaran SKI, yang sebelumya siswa tidak menyukai pelajaran SKI, namun setelah mendapatkan dorongan dari guru, perhatian dari guru, pemberian penilaian dari guru, siswa menjadi lebih termotivasi dan semangat untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 06 May 2025 01:59
Last Modified: 06 May 2025 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11031

Actions (login required)

View Item View Item