Janah, Luul (2025) Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas V di SDN 3 Giriklopomulyo Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
luul jannah.pdf - Other Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Giriklopomulyo pada mata pelajaran PAI. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut dapat dibuktikan dari adanya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di semester ganjil tahun 2023. Nilai hasil belajar siswa yang tidak tuntas mencapai 73,33%. Sedangkan, siswa yang tuntas hanya 26,67%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI khususnya materi Hidup Lapang Dengan Berbagi (Zakat, Infaq, Sedekah, Hadiah, Hikmah Berbagi) masih rendah. Permasalahan ini umumnya disebabkan oleh metode pengajaran yang kurang maksimal diterapkan, sehingga membuat siswa merasa kurang terlibat dan sulit untuk menginternalisasi materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Hidup Lapang Dengan Berbagi (Zakat, Infaq, Sedekah, Hadiah, Hikmah Berbagi) di V SDN 3 Giriklopomulyo.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subje k dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Giriklopomulyo yang berjumlah 30 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan, yang di mana setiap siklus terdapat empat tahap kegiatan, yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, da n refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuntitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Hidup Lapang Dengan Berbagi (Zakat, Infaq, Sedekah, Hadiah, Hikmah Berbagi) siswa kelas V SDN 3 Giriklopomulyo. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yang didukung atau didapat dari aktivitas guru selama proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian, tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diketahui sebesar 53,33%, dan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 83,33%. Hal itu menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Dengan demikian, maka penerapan metode demonstrasi dapat digunakan pada mata pelajaran PAI yang memiliki materi pelajaran dengan diskusi kelompok.
Kata kunci: Metode Jigsaw, Hasil Belajar Siswa, PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 06 May 2025 01:59 |
Last Modified: | 06 May 2025 01:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |