Yusuf, M. Fajar Baharudin (2025) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
M. FAJAR BAHARUDIN YUSUF.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya disiplin belajar pada siswa saat pembelajaran Akidah Akhlak berlangsung. Melalui pembelajaran Akidah Akhlak ini diharapkan mampu mengendalikan tindakan menyimpang khususnya pada kedisiplinan siswa di madrasah Aliyah Negeri 1 Metro. Sehingga untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas, beriman dan bermoral dalam tindakannya, maka tidak terlepas dari peran guru Akidah Akhlak yang akanmengarahkannya.
Pertanyaan penelitian ini yaitu Bagaimana Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro ?
Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari responden dan perilaku yang diamati. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Guru Akidah Akhlak kelas X dan Siswa kelas X 9 MAN 1 Metro. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang meliputi langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk Menguji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Metro sudah berjalan dengan baik. Guru Akidah Akhlak kelas X telah membuat perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di kelas sesuai dengan kurikulum yang berlaku, ditandai dengan adanya kegiatan awal mengkondisikan kelas, dan membuka pembelajaran, kegiatan inti menjelaskan materi pembelajaran, kemudian kegiatan penutup dengan memberikan umpan balik kepada siswa terkait materi pembelajaran yang telah dijelaskan. Kemudian dalam menggunakan strategi dan metode pengajarannya kurang bervariasi. Faktor yang menghambat dalam implementasi pembelajaran Akidah Akhlak ini karena kurangnya minat peserta didik terhadap materi yang diajarkan, keterlambatan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dikelas, dan faktor teman sebaya. Kemudian faktor pendukung dari implementasi pembelajaran Akidah Akhlak ini terletak pada bahan ajar dan media yang lengkap dan bervariatif. Lengkapnya bahan ajar dan media pembelajaran yang bervariasi ini dapat digunakan sebagai upaya pembentukan kedisiplinan peserta didik kelas X 9 pada mata pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro.
Kata Kunci : Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak, Disiplin Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ita Noviatiningsih . |
Date Deposited: | 06 May 2025 01:56 |
Last Modified: | 06 May 2025 01:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |