Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV

Saputri, Dhea Salbila Dwi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Dhea Salbila Dwi Saputri.pdf] PDF
Dhea Salbila Dwi Saputri.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sebagian hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Gantiwarno terutama pada mata pelajaran matematika, yang ditunjukan oleh banyaknya peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Faktor penyebabnya adalah kurangnya variasi dalam metode pembelajaran dan rendahnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan masih cenderung konvensional, sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 47 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SD Negeri 1 Gantiwarno diperoleh uji hipotesis dengan hasil perhitungan menggunakan uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,027 (p < 0,05), maka (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil ini menujukan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno.

Kata Kunci : Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 06 May 2025 01:57
Last Modified: 06 May 2025 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11039

Actions (login required)

View Item View Item