Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar

Sari, Nur Kumala (2025) Penggunaan Model Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of NUR KUMALA SARI.pdf] PDF
NUR KUMALA SARI.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di kelas IV B MIN 3 Lampung Timur Berdasarkan data dari nilai ulangan harian yang ada, terlihat bahwa masih banyak siswa yang nilai Bahasa Indonesia dibawah KKTP. Siswa dengan nilai <75 lebih banyak dibandingkan siswa dengan nilai dengan siswa yang tidak tuntas terdapat 68% Permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu guru masih kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia sehingga siswa kurang antusias, siswa yang kurang fokus dalam pembelajaran, siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Demikian, hasil belajar yang diperoleh belum memuaskan. Berdasarkan permasalahan yang ada, penuslis berupaya untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV B dengan jumlah 34 siswa melalui penerapan model index card match.

Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah penerapan model Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV B MIN 3 Lampung Timur?”. Tujuan penelian ini untuk mengetahui model Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV B MIN 3 Lampung Timur.

Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif, guna mengetahui hasil belajar siswa. Berlandaskan hasil penelitian diketahui bahwa melalui model pembelajaran index card match hasil belajar siswa mengalamu peninkatan dari siklus I ke siklus II. posttest mencapai 32% sedangkan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar pada n posttest 76% diakhir siklus. Tingkat ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan siklus II terdapat peningkatan persentase mencapai 44%. Peningkatan tersebut sudah memenuhi ketuntasan hasil belajar siswa yaitu (KKTP) mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan nilai 75 mencapai 75 %. Berdasarkan hal tersebut, dinyatakan bahwa melalui penerapan model pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV B MIN 3 Lampung Timur.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model pembelajaran index card match, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 06 May 2025 01:57
Last Modified: 06 May 2025 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11040

Actions (login required)

View Item View Item